Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan saat memilih konsultan marketing. Meski bergantung pada kualifikasi masing-masing perusahaan, tapi setidaknya ada kriteria umum yang bisa kita sepakati.
Peran konsultan marketing di zaman ini memang cukup vital. Ia berperan dalam memaksimalkan segala upaya pemasaran produk perusahaan seluas mungkin.
Tips Menemukan Konsultan Marketing yang Cocok
Konsultan marketing bisa membantu meningkatkan upaya pemasaran Anda dengan menilai dan memahami pelanggan Anda dan menyusun winning strategy, yang akan membantu Anda mengomunikasikan bisnis Anda dengan lebih baik kepada mereka.
Mungkin Anda sedang mencari konsultan pemasaran yang berorientasi pada strategi. Apa pun kesimpulan yang Anda ambil, saat menyeleksi rekrutmen konsultan marketing yang baru, ada beberapa hal yang wajb Anda pertimbangkan.
1. Reputasi
Reputasi menjadi hal yang wajib pertama kali Anda periksa. Ini menyangkut kebenaran faktual dari riwayat keterampilan yang mereka tawarkan dalam lamarannya.
Bahkan konsultan pemasaran yang paling berpengalaman pun bisa saja memiliki reputasi yang buruk. Mungkin saja di antaranya adalah keterampilan interpersonal atau komunikasi mereka buruk. Atau, mungkin mereka defensif atau ceroboh.
Ada banyak alasan mengapa konsultan yang tampaknya andal sekalipun ternyata belum menjamin kepercayaan. Meskipun tidak ada cara pasti untuk menghindari pengalaman yang kurang memuaskan dengan konsultan pemasaran, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan dan cari untuk mengurangi kemungkinan kecewa.
Mengecek ulasan ataupun jejak digital dari platform eksklusif into. Mungkin tampak seperti yang sudah jelas, tetapi mungkin saja Anda akan terkejut betapa banyak bisnis mengabaikan ulasan atau mengambil ulasan di situs web perusahaan begitu saja.
Sebagai catatan, ulasan di situs web perusahaan hampir tidak mungkin melalui verifikasi. Itu meskipun ulasan tersebut hasil impor dari pihak ketiga.
Meskipun tidak menyarankan bahwa ulasan di situs web perusahaan pasti tidak autentik, ulasan tersebut harus selalu diambil dengan hati-hati. Penting untuk menyertakan testimonial dari pelanggan yang puas di situs web.
2. Lihat Portofolio
Poin utamanya adalah saat memilih konsultan pemasaran, Anda harus memeriksa hasil kerja sebelumnya. Anda bisa meminta secara langsung atau berdasarkan hasil kerja terdahulu dengan customer sebelumnya.
Perhatikan juga ulasan dari berbagai sumber; ini harus mencakup situs web konsultan pemasaran, ulasan halaman Facebook mereka (jika ada), ulasan Google, dan sumber lain yang mungkin menyediakan informasi. Tidak mudah mencari konsultan pemasaran yang bagus. Namun jika Anda sedang membutuhkannya, bisa segera datang ke laman agensi Threesixty. Temukan beragam layanan kami untuk kebutuhan pemasaran bisnis Anda, termasuk layanan konsultan marketing.