Peran konsultan marketing dalam perkembangan unit bisnis cukup signifikan. Sayangnya, banyak pebisnis pemula yang belum menyadarinya. Ataupun, tidak sedikit yang mengira kehadiran konsultan tidak begitu urgen.
Kini, pemasaran adalah posisi yang amat krusial. Hampir segala unit bisnis mengandalkan kecakapan orang-orang yang bekerja di lini ini guna memaksimalkan produktivitas penjualan.
Konsultan marketing adalah individu yang berpengalaman yang tahu bagaimana menemukan peluang dalam bisnis dan cara terbaik untuk mempromosikannya.
Manfaat Menggunakan Konsultan Marketing
Jika Anda pemilik bisnis, ini beberapa manfaat menyewa jasa konsultan marketing pada pertumbuhan bisnis Anda, baik secara internal maupun eksternal.
1. Bertanggung Jawab mengenai Semua Materi Pemasaran
Seorang konsultan pemasaran bertanggung jawab untuk mengembangkan (atau paling tidak, mengawasi) materi pemasaran. Untuk pemasar, ini terutama melibatkan seni beriklan atau copywriting. Dampak positifnya, strategi pemasaran bisa lebih optimal bekerja.
2. Berkolaborasi secara Aktif dan Kreatif dengan Departemen Lain
Namun, seorang profesional yang terampil juga dapat terlibat langsung dengan desain grafis dan proses produksi video. Kapabilitas ini untuk menjaga sinkronisasi visi antardepartemen dalam suatu perusahaan.
Seorang konsultan pemasaran mungkin ahli dalam semua perdagangan, tetapi tidak mungkin bagi satu orang untuk melaksanakan semua kampanye pemasaran sendiri. Oleh karena itu, konsultan beralih ke tim kreatif internal atau eksternal, profesional PR, dan analis.
Sebuah organisasi tidak dapat sepenuhnya berhasil dengan pemasaran bisnisnya sampai dan kecuali semua karyawannya memahami bisnis inti, nilai-nilainya, dan pasar yang jadi target jangkauan.
Di situlah pemasaran internal muncul. Budaya perusahaan memainkan peran penting konsultan pemasaran kepada pemangku kepentingan internal.
Sementara konsultan mungkin tidak memiliki banyak yurisdiksi di bidang itu, mereka tetap membantu menyusun dan melaksanakan strategi pemasaran internal.
Konsultan memastikan bahwa pesan produk dikomunikasikan dengan jelas ke seluruh platform. Melakukan hal itu tidak hanya membantu menjaga karyawan tetap terlibat, tetapi juga memungkinkan mereka menjadi advokat sejati untuk bisnis.
3. Memastikan Strategi Pemasaran Tepat Waktu
Konsultan pemasaran bertugas membuat jadwal yang jelas untuk inisiatif. Selain itu juga mesti berkoordinasi dengan tim terkait untuk memastikan semua kegiatan pemasaran terlaksana tepat waktu.
Ini memerlukan keterampilan komunikasi, kepemimpinan, kerja tim, dan manajemen waktu yang kuat. Tak hanya itu, kemahiran dalam menggunakan berbagai alat kolaborasi tim juga penting. Jika Anda tengah mencari konsultan marketing yang cakap, agensi Threesixty adalah jawabannya. Ada banyak cara untuk belajar dunia pemasasaran, mengunjungi laman www.threesixty.co.id adalah salah satunya.