Skip to main content
Blog

Konsultan Marketing Adalah: Pengertian & Manfaatnya bagi Kesuksesan Brand

By June 30, 2023No Comments
Konsultan Marketing Adalah Pengertian & Manfaatnya bagi Kesuksesan Brand

Secara harfiah, kata konsultan memiliki arti yang memberi petunjuk atau penasihat. Sedangkan konsultan marketing adalah ahli yang memberikan masukan atau nasihat terkait perencanaan, pembuatan, hingga evaluasi dari sistem marketing. Sehingga, perannya sangatlah penting dalam tumbuh dan kembangnya bisnis.

Peran Jasa Konsultan Marketing bagi Kesuksesan Bisnis

Seorang konsultan pemasaran memberi perusahaan analisis dan saran profesional untuk meningkatkan kampanye pemasaran bisnis, menjangkau pelanggan baru, dan mengembangkan strategi pemasaran baru. Sebagai konsultan pemasaran, Anda dapat membuat strategi baru dan menggunakan tools untuk melacak kinerja kampanye.

Konsultan marketing haruslah punya pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman luas di sektor pemasaran. Sehingga, bisa membantu perusahaan atau individu untuk mengembangkan dan menerapkan sistem marketing yang efektif. 

Adapun perannya secara umum adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Analisis Pasar

Seorang konsultan harus benar-benar memahami pasar klien seperti apa, termasuk tren, preferensi dan history pelanggan, serta pesaing yang head to head. Mulai dari mengumpulkan datanya, menganalisis, hingga menghasilkan simpulan yang menjadi pangkal sebuah strategi maupun sistem marketing bagi brand.

2. Perencanaan Strategi Marketing

Dari hasil analisis, maka merancang dan menyusun strategi tertentu dalam pemasaran. Dengan tujuan pemasaran yang optimal, identifikasi target market beserta funneling. Termasuk juga mengembangkan ide-ide marketing yang relevan dengan tujuan, anggaran dan target brand.

3. Branding dan Positioning

Di dunia ini, tidak ada bisnis yang benar-benar berdiri sendiri tanpa pesaing. Oleh karena itu, seorang konsultan marketing haruslah bisa membantu brand untuk menerbitkan pencitraan yang sesuai dengan visi serta misinya.

Selain itu, juga harus bisa menempatkan posisi brand di mana. Mau main di level market seperti apa, siapa saja persona buyer-nya, termasuk bagaimana dalam menghadapi pesaing langsungnya.

4. Pemasaran Konvensional dan Digital

Konsultan marketing tidak hanya menjadi konsultan digital marketing saja. Sebab dalam pemasaran, ada dua unsur besar yang harus sama geraknya, agar tujuan dari brand bisa tercapai. Ini termasuk sektor konvensional, yang juga bisa memengaruhi eksistensi sebuah brand.

Misalnya saja, selain paham bagaimana setting dan analisis iklan di media sosial. Juga, harus paham SEO seperti apa, kolaborasi dari influencer dan brand pengukurannya bagaimana, hingga booster lewat billboard atau banner.

5. Evaluasi dan Pengukuran

Setelah sistem jalan, baik jasa konsultan digital marketing maupun konvensional harus paham bagaimana cara membaca laporan dan menganalisisnya. mengetahui maksud dari metrik-metrik yang ada. Seperti paham apa itu CPC, CPL, reach, titik view billboard dan lainnya. Sehingga, semua bisa berjalan dengan seimbang, terukur, dan sistematis secara efektif. Konsultan marketing adalah salah satu kunci keberhasilan sebuah brand yang ingin berkembang secara cepat, tepat, dan efektif secara efisien. Sebab, fungsi dan tugasnya sangatlah krusial. Untuk itu, percayakan pada Threesixty agar sistem marketing Anda bisa memberikan hasil yang memuaskan. Klik di sini, untuk info dan penawaran terbaiknya.

threesixty

Author threesixty

More posts by threesixty

Leave a Reply