Skip to main content
Blog

Fungsi Esensial Konsultan Marketing untuk Leverage Bisnis

By November 6, 2023No Comments
Fungsi Esensial Konsultan Marketing untuk Leverage Bisnis

Konsultan marketing sangatlah penting perannya untuk laju pertumbuhan dan perkembangan sebuah bisnis. Sebab, marketing memegang peranan kunci untuk penambahan sales, yang menjadi ujung tombak penjualan.

Oleh karena itu, konsultan marketing adalah bagian fundamental agar sebuah bisnis memiliki keberlanjutan dan peluang pertumbuhan yang bagus. Mengingat, konsultan bisa melihat sebuah bisnis lewat helicopter view. Membuat pelaksanaan teknisnya bisa lebih efisien dan optimal.

Fungsi Esensial Konsultan Marketing Terbaik di Indonesia

Penting untuk Anda pertimbangkan mengenai rencana hiring konsultan di sektor marketing. Sebab, bisa untuk mengemban beberapa fungsi berikut ini.

1. Analisis dan Strategis Pasar

Konsultan pemasaran bisa melakukan evaluasi secara detail dan menyeluruh terhadap pasar, demi memahami kondisi industri secara faktual, juga tren yang berkembang, berikut dengan perilaku konsumennya. Lalu, akan mengumpulkan data dan informasinya untuk membantu perusahaan. Kemudian menganalisis untuk rancangan strategisnya

2. Pengembangan Branding

Membantu Anda dalam menentukan brand positioning yang tepat. Juga merumuskan pesan dan nilai-nilai brand yang konsisten, serta memberikan panduan tentang cara membangun citra brand agar kuat di mata konsumen.

3. Penelitian Pasar

Melakukan penelitian pasar guna mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kebutuhan dan preferensi konsumen. Juga untuk mencari peluang baru dalam pasar. Sehingga, dapat merancang dan melaksanakan survei, wawancara, atau studi kasus guna mengumpulkan data yang relevan bagi bisnis.

4. Pengembangan Strategi Pemasaran

Mengidentifikasi saluran pemasaran yang tepat, merumuskan rencana pemasaran yang inklusif, dan memberikan saran mengenai penggunaan alat pemasaran yang efektif. Seperti iklan, promosi, pemasaran konten, media cetak dan sosial, serta lainnya.

5. Evaluasi dan Analisis Kinerja

Tidak hanya paham bagaimana cara membuatnya, tetapi juga tahu cara penggunaan beberapa instrumen yang bisa menjadi indikator keberhasilan. Misalnya saja, untuk kontrol kinerja influencer, tahu bagaimana cara cek berapa insight-nya, jangkauannya, hingga angka konversi dalam GMV-nya.

6. Pelatihan dan Pengembangan

Membantu dan menjadi partner Anda dalam pengembangan kompetensi dan peningkatan kemampuan tim pemasaran. Sehingga, bisa mentransfer wawasan tentang teknologi terbaru dan praktik terbaik dalam industri pemasaran.

“Bukan hanya menjadi ‘otak’ dari strategi pemasaran, tetapi menjadi leader untuk kemajuan pemasaran dalam jangka panjang.”

Jadi, sedemikian krusial peran seorang konsultan pemasaran yang harus menjadi wacana baru untuk terobosan bisnis Anda. Sehingga, jika Anda mencari konsultan marketing Jakarta dan sekitarnya, bisa percayakan pada Threesixty saja.Sebab, selain bisa membantu mengembangkan bisnis dengan peluang eksponensial lewat strategi growth hack-nya. Juga memiliki sumber daya profesional yang berpengalaman. Sehingga, bisa menjadi partner sekaligus konsultan marketing bisnis Anda.

threesixty

Author threesixty

More posts by threesixty

Leave a Reply