Skip to main content
Blog

5 Peran Penting Konsultan Marketing dalam Bisnis

By June 30, 2023No Comments
5 Peran Penting Konsultan Marketing dalam Bisnis

Seberapa besar keterlibatan konsultan marketing di dalam bisnis? Apakah perusahaan yang mempunyai tim marketing sendiri juga perlu menggunakannya? Pertanyaan seperti ini cukup jamak, karena faktanya masih banyak yang belum menyadari kehadiran konsultan.

Peran Konsultan Marketing dalam Sebuah Bisnis

Secara sederhana, konsultan marketing adalah penasihat yang bertanggung jawab untuk membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Seorang konsultan pemasaran harus memahami seluk-beluk dunia marketing secara mendalam, karena ruang lingkup tanggung jawabnya cukup besar. 

Selain perencanaan, konsultan juga membuat, mengaplikasikan, mengembangkan, hingga mengevaluasi strategi pemasaran. Lantas, apa saja peran jasa konsultan marketing di dalam perusahaan? 

1. Menganalisis Kondisi Perusahaan

Sebelum merancang strategi marketing, tugas konsultan konsultan adalah menganalisis kondisi bisnis Anda terlebih dahulu. Dari sini, mereka dapat mengetahui tantangan, kelebihan, kelemahan, hingga keberadaan kompetitor.

2. Menentukan Tujuan Marketing’

Hasil analisis di atas berfungsi sebagai bekal atau titik awal untuk menentukan tujuan marketing. Tentu hal ini tidak sebatas membahas keuntungan saja, tetapi juga memilih media pemasaran yang tepat, penentuan target market, dan lain-lain.

3 Merumuskan Strategi Marketing

Setelah menentukan target, konsultan pemasaran akan merumuskan berbagai strategi untuk mencapai tujuan perusahaan. Apakah akan menggunakan Facebook Ads, bekerja sama dengan influencer, menyasar forum, atau yang lainnya? 

Perjalanan bisnis tanpa strategi, sama saja membuang waktu, tenaga, dan biaya dengan sia-sia. Atur strategi Anda dan berjalanlah dengan penuh kepercayaan diri.

4. Menangkap Peluang

Peran ini masih berkaitan dengan pembuatan strategi marketing, di mana peluang diperoleh melalui pengamatan tren yang berlangsung di masyarakat. Peluang ini dapat muncul sewaktu-waktu, selaras dengan tren yang cepat sekali berubah.

Oleh karena itu, konsultan marketing terbaik harus jeli dan kreatif untuk melihat sekaligus mengeksekusi peluang tersebut. Munculkan ide-ide yang cemerlang, agar dapat meningkatkan konversi atau penjualan.

5. Mengevaluasi Hasil dan Pelaporan

Setelah strategi berjalan, konsultan akan mengevaluasi hasilnya kemudian membuat laporan kepada Anda. Adapun fungsi laporan ini ialah sebagai sarana untuk memantau sekaligus mengetahui sejauh mana tingkat keefektifan kinerja tim.

6. Menambah Relasi

Bisnis tidak dapat berjalan sendiri, tetapi juga memerlukan kerja sama dengan pihak lain. Misalnya perusahaan manufaktur, maka membutuhkan jasa ekspedisi untuk pengantaran barang.

Dengan pengalaman yang banyak, seorang konsultan dapat merekomendasikan beberapa perusahaan untuk kelancaran bisnis Anda. Di sinilah, keuntungan ketika Anda bekerja sama dengan konsultan dengan kredibilitas tinggi, seperti Threesixty. Sudah berpengalaman selama bertahun-tahun, kami mempunyai cukup banyak koneksi dengan latar belakang yang berbeda-beda. Konsultasikan kebutuhan Anda dan tim konsultan marketing kami siap memberikan solusinya.

threesixty

Author threesixty

More posts by threesixty

Leave a Reply