Skip to main content
Blog

4 Peran Penting Konsultan Marketing dalam Kesuksesan Bisnis

By July 4, 2023No Comments
4 Peran Penting Konsultan Marketing dalam Kesuksesan Bisnis

Kehadiran konsultan marketing penting adanya. Konsultan pemasaran adalah pemasar yang sangat berpengalaman yang menawarkan layanan mereka sekali saja.

Peran konsultan marketing sangat sempurna untuk organisasi yang memerlukan bantuan dengan inisiatif pemasaran mereka. Anda jadi tidak perlu mempekerjakan karyawan penuh waktu untuk tujuan itu.

Peran Penting Konsultan Marketing

Konsultan pemasaran tidak hanya melihat situs web Anda. Mereka dapat memberikan wawasan tentang praktik terbaik pemasaran, mengikuti perkembangan teknik dan strategi terbaru, serta memahami cara membuat pemasaran bekerja lebih keras untuk bisnis Anda

Deskripsi pekerjaan konsultan pemasaran bergantung pada jenis layanan yang mereka tawarkan. 

1. Merumuskan Strategi Bisnis

Tugas konsultan marketing mungkin hanya berspesialisasi dalam menciptakan strategi, tetapi belum tentu memiliki sumber daya untuk melaksanakan strategi tersebut sepenuhnya.

Sebelum hal lain, seorang konsultan pemasaran diharapkan untuk benar-benar menggali lebih dalam untuk memahami bisnis klien mereka. Menyelam lebih dulu ke inisiatif pemasaran tanpa terlebih dahulu memahami bisnis, industrinya, dan persyaratan strategisnya, adalah resep klasik menuju bencana.

Untuk itu, konsultan pemasaran bekerja sama dengan pemangku kepentingan utama untuk memahami tujuan bisnis. Mulai dari CEO, CMO, sampai presiden.

2. Melakukan Riset Pasar 

Setelah itu, konsultan melakukan riset pasar yang ekstensif untuk memahami audiens target. Namun, jika konsultan memiliki banyak pengalaman melayani klien serupa dari sektor yang sama, mereka mungkin tidak perlu melakukan riset pasar dari awal. Tinggal bagaimana mengembangkannya dalam meningkatkan produktivitas.

3. Mengidentifikasi Peluang Pertumbuhan

Salah satu manfaat menyewa jasa konsultan marketing adalah mereka bisa mengidentifikasi peluang pertumbuhan, dan memvalidasi kebutuhan produk/layanan. 

Setelah memahami bisnis, persyaratan, dan audiens target, konsultan akan bekerja sama dengan klien mereka untuk menyusun strategi pemasaran. Peran konsultan marketing menjadi penting dalam menjangkau lebih banyak pangsa pasar.

Untuk menjalankan strategi pemasaran secara keseluruhan, konsultan membuat strategi tambahan. Misalnya, Lead Generation.

4. Memberikan Saran Tren Pemasaran Terkini

Bisnis muncul dengan cara-cara kreatif untuk meningkatkan perolehan prospeknya. Beberapa taktik umum termasuk konten dan pemasaran media sosial.

Kesadaran merek memang tergantung pada bisnisnya. Namun, konsultan dapat merekomendasikan media sosial atau iklan konvensional (TV, papan reklame,) untuk tujuan ini.

Tidak hanya itu, setiap bisnis modern kini membutuhkan strategi SEO yang kuat untuk mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian organik. Jika bisnis tidak memiliki konsultan SEO terpisah, konsultan pemasaran mungkin diminta untuk mengawasi inisiatif SEO. Solusi atas pencarian jasa konsultan pemasaran yang berpengalaman adalah Agensi Threesixty. Segera kunjungi laman kami di www.threesixty.com untuk mengenal lebih lanjut mengenai layanan konsultan marketing kami.

threesixty

Author threesixty

More posts by threesixty

Leave a Reply