Tidak semua bisnis memiliki anggaran dan bisa mempekerjakan tim produksi penuh waktu di rumah. Anda juga tidak bisa asal mempekerjakan orang. Ini sebabnya, banyak bisnis mengalihdayakan kebutuhan video atau konten pemasaran ke production house.
Namun, memilih production house tidak bisa sembarang asal.
Sebagai ganti tim internal, Anda menugaskan agensi eksternal dengan keahlian dalam pembuatan film dan produksi konten untuk menyampaikan pesan marketing Anda. Inilah mengapa Anda harus benar-benar selektif dalam merekrut orang.
Tips Memilih Production House Indonesia Terbaik
Luangkan waktu untuk menemukan tim yang tepat untuk mengerjakan konten pemasaran video Anda. Hal ini penting karena kolaborasi membutuhkan komunikasi dan kesolidan yang kuat. Ini sebabnya, memilih production house tidak bisa asal-asalan.
Lalu, apa saja tips dalam memilihnya?
1. Tetapkan Tujuan Konten
Agar bisa menemukan production house yang tepat dengan hasil yang sesuai ekspektasi Anda, buat tujuan konten dengan jelas. Salah satu langkah kunci untuk menemukan tim yang tepat untuk konten Anda adalah mulailah mengerjakan ringkasan proyek.
Penjelasan singkat tersebut mencakup tujuan dan informasi yang relevan tentang bisnis dan audiens Anda, serta pesan utama yang ingin Anda sampaikan. Anda akan menemukan bahwa proses menyusun brief itu sendiri akan memberi Anda fokus.
Ingat, brief tidak sama dengan naskah atau storyboard. Sementara skrip dan storyboard merinci visual yang tepat yang ingin Anda sertakan, brief hanyalah ringkasan langsung. Selama tujuan video Anda terurai dengan jelas, Anda akan membuat ringkasannya sejelas mungkin. Ini jauh lebih praktis.
2. Diskusikan dan Minta Pendapat
Anda dapat memulai pencarian Anda dengan gagasan yang jelas tentang apa yang Anda butuhkan untuk disampaikan oleh agen produksi. Memulai rangkuman lebih awal dapat menghemat waktu Anda yang berharga dengan pencarian dan membantu merampingkan diskusi awal. Lalu, mintalah saran dari para profesional ini. Jika dirasa Anda punya visi dan tujuan yang selaras, ini bisa menjadi indikasi bahwa ada Anda cocok dengan mereka.
3. Sesuaikan dengan Budget
Menetapkan anggaran juga harus jadi suatu atensi khusus. Kedengarannya jelas, tetapi Anda akan terkejut betapa banyak klien yang memulai diskusi tanpa mengetahui jenis anggaran yang mereka miliki untuk sebuah proyek.
Jika Anda tidak yakin jenis anggaran rumah produksi apa yang harus Anda pilih, cari cara lain. Dapatkan penawaran kasar dari setidaknya tiga perusahaan produksi video yang berbeda untuk mengetahui harga pasar.Jika masih bingung, Anda tak perlu khawatir lagi. Percayakan semua kebutuhan video marketing atau konten media sosial Anda pada kami, Threesixty. Kami adalah production house yang berpengalaman mengerjakan video marketind dan konten marketing lain. Layanan kami mencakup marketing consultant, social media management, dan SEO.