Skip to main content
Blog

5 Tugas Digital Marketing yang Harus Dikuasai

By October 16, 2023No Comments
5 Tugas Digital Marketing yang Harus Dikuasai

Di era yang didominasi teknologi, bisnis membutuhkan jasa digital marketing untuk melakukan berbagai tugas digital marketing dengan cara meningkatkan kesadaran merek; menghasilkan prospek; dan mengubah audiens pasif menjadi pelanggan aktif.

Lantas, tugas apa saja yang mesti dilakukan digital marketing? Simak informasi berikut!

Tugas Digital Marketing yang Harus Dimiliki Pebisnis Online

Tugas digital marketing mencakup semua pemasaran online yang dilakukan melalui internet. Baik memanfaatkan situs web, media sosial, blog, email, maupun video untuk menjangkau pelanggan potensial. Berikut beberapa tugas atau peran digital marketing:

1. Mengelola Website Perusahaan

Setelah web developer programmer membuat website perusahaan, pekerjaan digital marketing adalah mengelola website tersebut.

Seperti membuat desain dan konsep website supaya sesuai dengan produk dan sudah dioptimalkan dengan metode SEO.

2. Branding Produk Melalui Social Media Marketing

Sebagai jasa pemasaran produk, digital marketing juga bertugas mengaplikasikan optimasi SEO (Search Engine Optimization) untuk:

  • Meningkatkan jumlah pengunjung.
  • Membangun brand awareness.
  • Visibilitas perusahaan.
  • Meningkatkan traffic web.

Salah satu langkahnya dengan membuat konten SEO yang mencakup semua informasi terkait produk atau jasa supaya:

  • Mendapatkan ROI (Return on investment) jangka panjang
  • Konten berada di halaman pertama Google sehingga mudah ditemukan

Lebih dari itu juga membentuk strategi funneling melalui konten supaya audiens melakukan pembelian.

3. Menangani Komunikasi Digital di Berbagai Platform Digital

Lebih dari itu, fokus utama digital marketing adalah menangani komunikasi digital atau SMM (Social media marketing) di berbagai platform media sosial untuk menjangkau target pasar.

Sementara teknik yang dilakukan untuk terhubung dan berkomunikasi dengan pelanggan bisa melalui:

  • Email
  • Situs web
  • Media sosial
  • Buletin
  • Mesin telusur
  • Aplikasi seluler

Melalui media sosial, digital marketing memiliki lebih banyak ruang untuk terhubung secara efektif dan efisien dengan pelanggan maupun calon pelanggan.

4. Memperluas Pemasaran dengan online Ads

Tugas selanjutnya yaitu menjalankan strategi SEM (Search Engine Marketing) dengan mengiklankan produk atau jasa di Google Ads, Instagram Ads, Tiktok Ads sampai Facebook Ads.

Selain memperluas pemasaran di berbagai platform, iklan di Google Ads juga mendukung website berada di daftar teratas halaman Google.

5. Mengatur Iklan Display

Sementara dalam Google Ads telah dikembangkan sebuah tools yaitu GDN (Google Display Networks). Sebuah teknik menampilkan iklan di berbagai platform yang efektif menarik pelanggan menggunakan iklan tanpa melalui mesin pencari Google.

Tugas digital marketing begitu banyak dan rumit untuk Anda lakukan sendiri. Serahkan saja kepada Threesixty untuk melakukan semuanya sebagai pengembangan strategi pemasaran yang efektif. Jadi, siap untuk berada di garis terdepan di antara pesaing Anda? Yuk mulai dengan menggunakan jasa digital marketing Threesixty. Segera hubungi kami untuk konsultasi dan info lebih lanjut.

threesixty

Author threesixty

More posts by threesixty

Leave a Reply